MODUL AJAR PROJEK IPAS
Satuan Pendidikan : SMKUN 2 Banyuasin IIIBidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Mata Pelajaran : Projek IPAS
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok/Topik : fenomena ilmiah
Alokasi Waktu : 3 x Pertemuan (18 x @ 45 menit)
Capaian Pembelajaran :
Pada Akhir Fase E, peserta didik diharapkan dapat memahami ilmu pengetahuan dan penerapannya; atau membuat prediksi sederhana dengan pembuktiannya. Peserta didik menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya dilihat dari berbagai aspek seperti makhluk hidup dan lingkungannya; zat dan perubahannya; energi dan perubahannya; bumi dan antariksa;keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu; interaksi, komunikasi, sosialisasi, institusi sosial dan dinamika sosial; serta perilaku ekonomi dan kesejahteraan. Peserta didik juga menyukai fenomena-fenomena tersebut dengan keterampilan teknis bidang keahliannya.
Kompetensi Awal
Sebelum mengikuti modul ini, peserta didik diharapkan telah memahami dengan baik materi kehidupan dan lingkungannya; zat dan perubahannya; energi dan perubahannya; bumi dan antariksa; keruangan dan konektivitas antar ruang dan antar waktu; interaksi, komunikasi, sosialisasi, institusi sosial dan dinamika sosial; serta perilaku ekonomi dan kesejahteraan sesuai dengan karakteristik bidang keahliannya.
Profil Pelajar Pancasila
Setelah Peserta Didik mengikuti pembelajaran, dimensi profil pelajar Pancasila yang diharapkan muncul adalah:
a) Mandiri: Modul belajar mandiri dalam belajar, sehingga peserta didik atas pengembangan diri sendiri yang mampu bertanggung jawab, melakukan strategi, melakukan tindakan dan memiliki proses dan hasil pengalamannya.
b) Kreatif: Modul ajar ini mengarahkan siswa ke proses pembelajaran yang sesuai dengan minat peserta didik dalam menghasilkan produk akhir. Dengan begitu, Peserta didik mampu membuat karya yang inovatif sesuai dengan karakteristik masing-masing.
c) Bernal Kritis: Modul ajar ini mengarahkan siswa untuk berpikir secara objektif, sistematis dan saintifik dengan mempertimbangkan berbagai aspek berdasarkan data dan fakta yang mendukung sehingga membuat keputusan yang tepat dan dapat memecahkan masalah dalam kehidupan, serta terbuka dengan penemuan baru.
Sarana dan Prasarana
a) Gawai (bisa berupa handphone dan laptop)
b) Jaringan internet
c) Alat tulis & buku
d) Akun gmail untuk mengumpulkan tugas melalui Google Classroom.
e) Zoom rapat.
Target Peserta Didik
Peserta didik yang target dalam modul ajar ini adalah peserta didik dengan beragam yaitu:
· Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
· Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi belajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi, dsb.
· Peserta didik dengan keterampilan tinggi: memahami dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan keterampilan tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
Model Pembelajaran yang Digunakan
Model Pembelajaran yang digunakan adalah perpaduan antara PJJ dan tatap muka (blended learning).
A. KOMPENEN INTI
Tujuan Pembelajaran
· Memahami dan membuat teks informasi tentang mitigasi bencana kebakaran di
· Mendeskripsikan kejadian dan fenomena bencana kebakaran di
kebakaran · Melaporkan percobaan/peristiwa/pengamatan,
· Menyajikan dan mengungkapkan data,
· Memberikan penjelasan, dan menyajikan pendapat atau klaim sesuai dengan bidang keahliannya.
· Memahami serta membuat teks multimedia seperti bagan, grafik, diagram, gambar, peta, animasi, dan media visual.
Pemahaman Bermakna
Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2008, bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan yang disebabkan, baik oleh faktor alam maupun faktor non alam sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis .
Menurut Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) kebakaran adalah suatu peristiwa bencana yang berasal dari api yang tidak dapat menyebabkan kerugian baik materi maupun non materi, serta menghilangkan nyawa.
Penyebab terjadinya peristiwa yang disebabkan antara lain faktor manusia maupun faktor lingkungan/alam. Kelalaian keamanan terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kebakaran. Selain itu kebakaran di lingkungan dapat terjadi karena sambaran petir, ledakan gas alam, guguran lava dsb. Di daerah Anda, yang menjadi bahan bakar dari kejadian kebakaran adalah material bangunan yang terdapat di daerah tersebut.Semakin banyak jumlah bahan/bahan yang dapat terbakar di daerah tersebut maka akan semakin besar api yang menjalar dan berkembang. Jumlah bahan bakar tersebut (bahan yang mudah terbakar) juga mempengaruhi kondisi api yang menyala.
Pertanyaan Pemantik
· Apa penyebab kebakaran?
· Apa saja dampak negatif dari kebakaran yang terjadi di lingkungan/alam?
· Bagaimana cara agar kebakaran tidak terjadi di lingkungan/alam?
Pembelajaran Persiapan
Guru mempersiapkan rencana pembelajaran termasuk materi, lembar kerja peserta didik, dan hal-hal yang diperlukan.
· Guru mempersiapkan video dan gambar yang relevan dengan materi pembelajaran.
· Guru membuat kelas maya di google classroom.
Pertemuan 1
Kegiatan |
Langkah Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
·
Guru menunjuk satu orang peserta didik untuk memimpin membaca doa agar pembelajaran hari ini diberi kemudahan dan ilmu yang didapat dapat
bermanfaat dan memperoleh berkah dari Allah SWT. ·
Guru menanyakan kabar peserta
didik dan mengingatkan peserta didik agar menjaga kesehatan dan selalu menjaga kesehatan agar terlindungi dari penyakit .
·
Peserta didik mengisi daftar hadir sesuai tautan yang dibagikan di G oogle Classroom. |
20 menit |
|
·
Guru memberi pengantar tema di modul ajar 1, metode pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik yakni pembelajaran berbasis proyek dan
hasil akhir berupa
produk hidangan Nusantara yang sehat dan bergizi yang memiliki peluang
usaha di dalam kehidupan peserta didik sehari hari. |
|
Inti |
·
Peserta Didik menjawab pertanyaan guru mengenai : 1. pengertian kebakaran , 2. Apa |
240 menit |
penyebab
terjadinya kebakaran? |
||
·
Peserta Didik menyimak video pembelajaran |
||
tentang kebakaran |
||
|
||
·
Video tersebut berisi penjelasan singkat |
||
mengenai penyebab terjadinya kebakaran di |
||
disebabkan antara lain faktor manusia _
|
||
maupun faktor lingkungan/alam. keamanan kelalaian |
||
terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran menjadi |
||
salah satu faktor penyebab terjadinya kebakaran. |
||
selain itu kebakaran di lingkungan lingkungan |
||
dapat terjadi karena sambaran petir, ledakan gas alam, |
||
guguran lava,dsb. |
||
·
Berdasarkan video pendek tersebut, Peserta didik |
||
membuat pertanyaan (1 siswa, 1 pertanyaan) dan |
||
tuliskan di kolom
komentar . |
||
·
Setelah seluruh peserta didik membuat |
||
pertanyaan, kelompok
kan pertanyaan temanmu |
||
berdasarkan tema-tema utama. |
||
·
Pilih satu tema,
kemudian diskusikan jawaban |
||
pertanyaan-pertanyaan tersebut. |
||
·
Peserta didik secara
mandiri mencari jawaban |
||
dari pertanyaan mereka sendiri dengan |
||
termasuk bukti penguatan kutipan _ |
||
dengan daftar rujukan dari buku maupun |
|
Internet. ·
Peserta didik juga secara mandiri mencatat hal yang mereka dapatkan pada pembelajaran hari ini. · Jawaban peserta didik ditulis di kata atau buku tulis |
|
Penutup |
·
Guru mengkonfirmasi kepada siswa mengenai apakah masih ada siswa yang belum mengerti tentang materi hari ini. ·
Peserta didik menyampaikan pendapat tentang kesimpulan materi yang di dapatkan pada hari ini. ·
Peserta peserta menutup pertemuan hari ini dengan
doa penutup. |
10 menit |
Refleksi Peserta Didik dan Guru
a) Refleksi Peserta Didik
Pertanyaan refleksi yang ditujukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kendala yang dialami oleh peserta didik. Guru membantu mengarahkan kendala tersebut agar tercipta solusi dan peserta didik dapat mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaranya.
Contoh :
1. Apakah kamu memahami apa penyebab terjadinya kebakaran?
2. Bagaimana cara kalian menentukan cara penanganan kebakaran yang terjadi?
3. Keterampilan apa yang dapat kamu ambil dari tema pembelajaran kali ini? Apakah akan bermanfaat untuk masa depan kamu nanti?
4. Dll
b) Refleksi Guru
Untuk mengetahui atau tidak pembelajarannya, selain itu diskusikan tanya jawab di guru juga perlu mengkoreksi tugas-tugas peserta didik seperti: Kerja Peserta Didik, penilaian produk akhir, sumatif dan lain-lain. Penilaian sebaiknya tidak ditumpuk di akhir agar guru mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Jika sekiranya pembelajaran tersebut belum berhasil, guru bisa mengadakan introspeksi dan perbaikan cara mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar