Kamis, 28 Juli 2022

IPAS SMK



Mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berfungsi untuk membekali peserta didik agar mampu menyelesaikan permasalahan kehidupan nyata pada abad 21 ini yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial di sekitarnya secara ilmiah dengan menerapkan konsep sains.Atau dengan kata lain, setelah mempelajari mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, peserta didik dapat memperoleh memperoleh keputusan yang tepat secara ilmiah agar dapat hidup lebih nyaman, dan lebih baik. 
Mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial bertujuan untuk membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap ( hard skill dan soft skill )
  1. Menerjemahkan pola pikir, perilaku, dan membangun karakter peserta didik untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap, masyarakat, dan alam semesta dirinya, serta permasalahan yang dihadapi.
  2. Mampu menelaah manfaat potensial dan risiko dari penggunaan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
  3. Mampu membuat keputusan yang lebih berdasar dengan penggunaan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial serta teknologi. 
  4. Mampu menemukan solusi dari masalah yang dihadapi melalui sains baik masalah individu maupun masyarakat.  
Projek Ilmu Alam dan Sosial terdiri dari tiga elemen kompetensi yang mengacu pada kompetensi literasi saintifik, yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah, mendesain dan mengembangkan pengetahuan ilmiah, menerjemahkan data dan bukti-bukti ilmiah. Elemen ketiga tersebut disampaikan dalam bentuk projek. Dalam satu tahun peserta didik diharapkan mempelajari ketujuh aspek dan melakukan proyek terkait aspek tersebut. Dalam satu projek dapat terdiri dari satu aspek atau gabungan dari beberapa aspek. Masing-masing aspek memiliki lingkup yang berbeda disesuaikan dengan rumpun bidang keahliannya. Berikut ini deskripsi aspek IPA berdasarkan rumpun Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, Agribisnis dan Agriteknologi, serta Kemaritiman.

Makhluk hidup dan
lingkungannya

Aspek ini mencakup keterkaitan antara makhluk hidup yang terdiri dari manusia, tumbuhan dan hewan yang saling berinteraksi dengan lingkungannya baik, udara, energi. Hubungan makhluk hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai individu - populasi - komunitas - ekosistem - biosfer. pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Zat dan
Perubahannya

Aspek ini meliputi jenis dan sifat zat yang dibedakan secara kimia dan fisika, ciri-ciri dari perubahan secara fisika, kimia dan biologi, serta tidak campuran campuran.

Energi dan
Perubahannya

Aspek ini meliputi dasar-dasar dan pengukuran, energi dan perubahannya berkaitan dengan segala sesuatu yang mampu membuat suatu benda untuk melakukan suatu usaha dan bentuk. Energi dan perubahannya mencakup perubahan energi kimia, listrik, panas dan mekanik serta energi terbarukan.

Bumi dan Antariksa

Aspek bumi dan antariksa berkaitan dengan materi gravitasi universal. Struktur Bumi yang terdiri dari interior bumi, litosfer, lempeng tektonik, dan gempa bumi. Struktur bumi meliputi hidrosfer, atmosfer, dan medan magnet bumi. Materi ini juga mencakup iklim, cuaca, musim, perubahan iklim serta mitigasi bencana.

Keruangan dan
konektivitas antar
ruang dan waktu

Aspek ini berkaitan dengan pemahaman terhadap kondisi sosial dan lingkungan alam dalam konteks lokal dan regional, nasional, hingga global. Selain itu, aspek ini juga terkait dengan pembelajaran tentang kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik. konektivitas dan interaksi, mengasah kemampuan untuk kritis, memahami efek dan akibat.

Interaksi,
Komunikasi,
Sosialisasi, Institusi
Sosial, dan Dinamika
Sosial

Aspek-aspek ini berkaitan dengan pembentukan identitas diri, penilaian keberadaan diri di tengah keragaman dan kelompok yang berbeda-beda, serta mempelajari dan menjalankan peran sebagai warga dunia dan bagian dari warga dunia. interaksi tentang interaksi dan institusi, peluang dan tantangannya, mempelajari dinamika/masalah sosial, faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan manusia dan bumi.

Perilaku Ekonomi
dan Kesejahteraan

Aspek ini berkaitan tentang peran diri, masyarakat serta negara dalam memenuhi kebutuhan bersama. Menganalisis faktor-faktor penyebab kelangkaan, permintaan, penawaran, harga pasar, bentuk-bentuk pasar, serta inflasi. jabatan lembaga keuangan, nilai, serta fungsi uang (konvensional dan digital). Mendeskripsikan pengelolaan, sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran keuangan keluarga, perusahaan serta negara. hak dan kewajiban dalam jasa keuangan. Aspek ini menjadi salah satu ruang berlatih bagi peserta didik untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, memenuhi kebutuhan hidup di tingkat lokal namun dalam perspektif global.

 Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada video di bawah ini. Sedangkan untuk melihat contoh modul ajar IPAS fase E dapat didownload disini







Tidak ada komentar:

Posting Komentar