- Menerjemahkan pola pikir, perilaku, dan membangun karakter peserta didik untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap, masyarakat, dan alam semesta dirinya, serta permasalahan yang dihadapi.
- Mampu menelaah manfaat potensial dan risiko dari penggunaan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
- Mampu membuat keputusan yang lebih berdasar dengan penggunaan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial serta teknologi.
- Mampu menemukan solusi dari masalah yang dihadapi melalui sains baik masalah individu maupun masyarakat.
Makhluk hidup dan |
Aspek ini mencakup keterkaitan antara makhluk hidup yang terdiri dari manusia, tumbuhan dan hewan yang saling berinteraksi dengan lingkungannya baik, udara, energi. Hubungan makhluk hidup dan lingkungannya dapat digambarkan sebagai individu - populasi - komunitas - ekosistem - biosfer. pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. |
Zat dan |
Aspek ini meliputi jenis dan sifat zat yang dibedakan secara kimia dan fisika, ciri-ciri dari perubahan secara fisika, kimia dan biologi, serta tidak campuran campuran. |
Energi dan |
Aspek ini meliputi dasar-dasar dan pengukuran, energi dan perubahannya berkaitan dengan segala sesuatu yang mampu membuat suatu benda untuk melakukan suatu usaha dan bentuk. Energi dan perubahannya mencakup perubahan energi kimia, listrik, panas dan mekanik serta energi terbarukan. |
Bumi dan Antariksa |
Aspek bumi dan antariksa berkaitan dengan materi gravitasi universal. Struktur Bumi yang terdiri dari interior bumi, litosfer, lempeng tektonik, dan gempa bumi. Struktur bumi meliputi hidrosfer, atmosfer, dan medan magnet bumi. Materi ini juga mencakup iklim, cuaca, musim, perubahan iklim serta mitigasi bencana. |
Keruangan dan |
Aspek ini berkaitan dengan pemahaman terhadap kondisi sosial dan lingkungan alam dalam konteks lokal dan regional, nasional, hingga global. Selain itu, aspek ini juga terkait dengan pembelajaran tentang kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik. konektivitas dan interaksi, mengasah kemampuan untuk kritis, memahami efek dan akibat. |
Interaksi, |
Aspek-aspek ini berkaitan dengan pembentukan identitas diri, penilaian keberadaan diri di tengah keragaman dan kelompok yang berbeda-beda, serta mempelajari dan menjalankan peran sebagai warga dunia dan bagian dari warga dunia. interaksi tentang interaksi dan institusi, peluang dan tantangannya, mempelajari dinamika/masalah sosial, faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan manusia dan bumi. |
Perilaku Ekonomi |
Aspek ini berkaitan tentang peran diri, masyarakat serta negara dalam memenuhi kebutuhan bersama. Menganalisis faktor-faktor penyebab kelangkaan, permintaan, penawaran, harga pasar, bentuk-bentuk pasar, serta inflasi. jabatan lembaga keuangan, nilai, serta fungsi uang (konvensional dan digital). Mendeskripsikan pengelolaan, sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran keuangan keluarga, perusahaan serta negara. hak dan kewajiban dalam jasa keuangan. Aspek ini menjadi salah satu ruang berlatih bagi peserta didik untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, memenuhi kebutuhan hidup di tingkat lokal namun dalam perspektif global. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar